KEMBALI KE ARTIKEL
01 June 2023

Keramik menjadi salah satu primadona untuk melapisi lantai bangunan komersial ataupun hunian. Karakternya yang kuat dan mudah dibersihkan menjadikan keramik sangat nyaman untuk digunakan dan minim perawatan.

Cara memasang keramik sebenarnya tidak sulit kok! Bahkan, Kamu bisa memasang keramik lantai sendiri tanpa bantuan tukang. Kali ini GNET Indonesia akan mengajak Kamu untuk mengetahui cara-caranya melalui artikel berikut.

Cara Memasang Keramik yang Bisa Kamu Coba

10 Cara Memasang Keramik, Bisa Kamu Lakukan Sendiri dan Pasti Presisi

Source: Thisoldhouse 

Yuk, langsung saja ketahui cara memasang keramik sebagai berikut:

1. Silakan Siapkan Alat dan Bahan

Pertama-tama persiapkan dulu alat-alat dan bahan yang dibutuhkan. Bila Kamu sudah mempersiapkan semuanya tentu pemasangan keramik akan lebih mudah dan cepat. Adapun beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan, di antaranya keramik lantai dengan kualitas terbaik, semen khusus ubin, nat keramik, papan aplikator, tile spacer, meteran, benang proyek, pensil dan sarung tangan.

2. Hitung Luas Lantai Ruangan

Cara berikutnya, Kamu bisa menghitung luas lantai ruangan yang hendak diaplikasikan keramik. Di sinilah Kamu memerlukan meteran. Dengan menggunakan meteran Kamu bisa mengukur ruangan dari kiri ke kanan dan bawah ke atas. Setelah itu berilah tanda menggunakan pensil.

Bila sudah ditemukan ukuran luas yang tepat, Kamu dapat menempelkan benang proyek di sekitar tempat yang akan dipasang keramik.

3. Pasang Keramik Tanpa Gunakan Semen

Agar aplikasi lantai bisa presisi cobalah untuk memasang keramik tanpa menggunakan semen terlebih dahulu. Diproses ini Kamu bisa gunakan alat tile spacer agar jarak antar keramik dan alas lantai bisa merata.

4.Rendam Keramik

Setelah menemukan posisi peletakan lantai, Kamu dapat merendam keramik sebelum digunakan. Pada proses perendaman , pori-pori keramik akan terbuka dan dapat menyerap air. Dengan begitu keramik bisa menempel sempurna saat diaplikasikan pada lantai.

Partikel-partikel seperti kerikil, semen dan pasir bisa lebih mudah menempel pada keramik. Alhasil keramik dapat menempel dengan sempurna di lantai. Saat merendam keramik Kamu juga bisa sekalian mencucinya. Jadi, keramik akan tampak bersih saat dipasang.

5. Perhatikan Jarak Antar Keramik

Setelah direndam Kamu dapat mulai pemasangan keramik di lantai. Perlu diketahui biasanya keramik mempunyai tingkat kesulitan pemasangan yang berbeda sesuai kualitasnya.

Semakin baik kualitas keramik, kian presisi pula dalam pemasangannya pada lantai. Namun Kamu tidak perlu khawatir dengan memberi jarak 0,2-0,5 mm agar tidak saling bersinggungan.

6. Padatkan Keramik

10 Cara Memasang Keramik, Bisa Kamu Lakukan Sendiri dan Pasti Presisi

Source: Bobvila

Cara memasang keramik selanjutnya adalah memadatkannya pada lantai. Untuk melakukannya, Kamu bisa mengetuk-ngetuk keramik yang baru dipasang secara perlahan. Jangan sampai ada bagian sisi yang kopong atau berongga. Karena jika demikian, keramik berpotensi pecah di kemudian hari.

7. Memasang Nat Keramik

Bila lantai sudah terpasang secara menyeluruh, setelah itu Kamu dapat mengaplikasikan nat. Gunakan nat pada sela-sela keramik antar satu sama lainnya. Kamu bisa mengolesi nat atau semen oker setelah 2-4 hari kemudian. Hal ini dilakukan supaya sisi udara dari rongga keramik dapat keluar.

Kamu bisa juga menggunakan nat dengan warna yang seragam dengan keramik. Dengan demikian, tampilan lantai terlihat padu dan sesuai dengan desain interior atau eksterior bangunan.

8. Jangan Diinjak

Ketika keramik sudah dipasang biarkan dahulu selama 2 hingga 3 hari. Ini bertujuan agar semen dan pasir pada lapisan bawah keramik mampu kering sempurna. Karena bila belum kering tapi sudah diinjak dan dilewati oleh penghuni ruangan,  dikhawatirkan keramik bisa rusak, ambles atau bahkan pecah.

9. Periksa Kembali Seluruh Permukaan

Pada umumnya di setiap pemasangan lantai ada beberapa keramik yang kopong. Dalam area seluas 3x3 m biasanya ada 3 - 5 keramik kopong yang perlu diperbaiki. Jadi Kamu bisa membongkar dan memasangnya kembali.

10. Bersihkan Keramik secara Menyeluruh

Bila keramik telah terpasang di seluruh ruangan, Kamu bisa membersihkannya dari sisa-sisa material dan partikel. Misalnya, seperti sisa semen, nat, pasir dan sebagainya. Keramik yang bersih tentu akan menambah rasa nyaman untuk Kamu dan memberi estetika yang lebih baik.

Demikian cara memasang keramik yang bisa kamu terapkan. Kami harap artikel ini dapat memberikan referensi untuk Kamu. Mau tahu tentang tips & trik hunian lainnya, yuk follow Instagram GNET Indonesia.