KEMBALI KE ARTIKEL
01 February 2024

Ada segudang cara untuk membuat rumah menjadi semakin nyaman untuk ditinggali. Salah satunya adalah dengan memasang peredam suara. Ada banyak jenis peredam suara berdasarkan material pembuatannya. Mulai dari rock wool, glasswool, busa telur dan masih banyak lagi.

Nah, di artikel berikut GNET Indonesia akan mengajak Kamu untuk mengetahui cara memasang glasswool di rumah untuk meredam suara. Simak langsung ulasannya di bawah ini.

Cara Memasang Glasswool di Rumah

Untuk memudahkan Kamu, GNET Indonesia bagikan beberapa langkah cara memasang glasswool di rumah untuk meredam panas sebagai berikut.

  1. Persiapkan Lokasi dan Peralatan

Pertama-tama persiapkan dahulu lokasi pemasangan dan peralatan untuk mempermudah proses pengerjaan. Untuk lokasi pemasangan Kamu dapat melakukan pengukuran luas ruangan yang hendak diaplikasikan glasswool. Kamu bisa menggunakan alat meteran supaya hasil ukur presisi.

Berikutnya siapkan peralatan pemasangan glasswool, seperti pisau insulasi dan bor listrik. Jangan lupa untuk mengenakan perlengkapan APD (alat pelindung diri) supaya lebih aman dalam proses pengerjaan. Perlengkapan APD yang perlu dipersiapkan, meliputi helm, masker, kacamata, sarung tangan, rompi, dan sepatu.

  1. Pemasangan Rangka Partisi

Setelah lokasi, peralatan dan perlengkapan siap, Kamu bisa mulai untuk memasang rangka partisi sebagai media penempatan glasswool. Pastikan glasswool yang akan dipasang telah memiliki ukuran yang sesuai dengan rangka partisi. Untuk itu, perencanaan ukuran secara matang sangatlah penting untuk Kamu lakukan.

Kamu bisa menggunakan GNET Hollow sebagai rangka partisi supaya awet serta presisi di segala sisi. Gunakan bor listrik untuk merekatkan rangka partisi supaya tidak bergeser dan tetap kokoh. Pastikan pula setiap baut pada rangka partisi sudah terpasang dengan baik. Lakukan instalasi untuk perlengkapan maintenance dan pendukung kelistrikan, seperti stop kontak dan colokan listrik di dalam rangka partisi.

  1. Sesuaikan Kebutuhan Glasswool

Cari tahu kebutuhan glasswool pada rumah Kamu. Jika Kamu ingin menjaga suhu ruangan tetap stabil walau saat musim hujan ataupun musim kemarau disarankan untuk memilih glasswool yang tahan air. Dengan begitu, glasswool tidak akan menyerap air secara berlebih yang menyebabkan kelembaban pada ruangan.

Setelah itu Kamu bisa mengukur dimensi ukuran glasswool apakah sudah sesuai dengan rangka partisi atau belum. Jika belum, Kamu bisa memotong glasswool tersebut terlebih dahulu. Gunakanlah pisau insulasi dan sarung tangan saat proses pemotongan glasswool, karena jika terkena langsung pada kulit akan menyebabkan gatal.

  1. Mulai Pemasangan Glasswool

Ketika glasswool sudah siap, saatnya masuk pada proses pemasangan pada rangka partisi. Tempatkanlah potongan-potongan glasswool di antara ruang di dalam rangka partisi. Jangan sampai glasswool menyisakan celah atau sela agar dapat berfungsi dengan maksimal. Jika masih ada celah atau sela, Kamu bisa menggunakan sealing sambungan atau pita perekat.

Dengan demikian, Kamu dapat mencegah kebocoran udara lembab dan panas dari luar ruangan. Alhasil Kamu bisa menghemat penggunaan pendingin atau penghangat ruangan. Segala macam furniture di dalam rumah pun jadi lebih awet dan tidak lapuk lantaran suhu ruangan yang tetap stabil setelah pemasangan glasswool.

  1. Tutup Glasswool dengan Papan Partisi

Jika semua ruang pada rangka partisi sudah terpasang dengan glasswool secara sempurna kini saatnya untuk menutupnya. Kamu bisa menggunakan papan semen untuk menutup rangka tersebut supaya ruangan tampak rapi. Selain itu papan semen ini juga dapat berfungsi memberikan perlindungan terhadap serat glasswool supaya tidak mudah rusak.

Tidak hanya itu papan semen juga dapat memberikan tambahan stabilitas dan kekuatan struktural pada dinding. Serta, memudahkan Kamu untuk meningkatkan estetika pada hunian. Hal ini bisa Kamu lakukan dengan mengecat papan semen tersebut sesuai selera dan konsep bangunan.

  1. Finishing

Langkah terakhir yang bisa Kamu lakukan adalah proses finishing. Pada proses ini Kamu bisa memeriksa kembali kondisi pemasangan glasswool secara keseluruhan. Cari tahu apakah ada beberapa bagian yang belum terpasang sempurna. Perhatikan pula kondisi cat pada papan semen sudahkah teraplikasi secara merata atau belum. Jika belum, silakan Kamu oleskan kembali cat pada bagian yang belum merata.

Setelah semuanya dalam keadaan baik, Kamu bisa membersihkan sisa-sisa kotoran dan debu pemasangan glasswool. Gunakan sapu dan alat pel supaya lantai rumah dapat bersih, seperti sedia kala.

Kenapa Kamu Harus Menggunakan Glasswool?

Setidaknya ada beberapa keunggulan glasswool yang menjadikan material insulasi ini cukup populer digunakan pada hunian di Indonesia. Apa sajakah keunggulan tersebut?

  1. Insulasi Thermal yang Baik

Glasswool merupakan salah satu material insulasi thermal yang terbaik. Terbuat dari bahan baku serat kaca memungkinkan glasswool menyerap suhu panas dengan optimal. Sangat cocok untuk digunakan di Indonesia mengingat suhu harian yang tinggi karena memiliki iklim tropis.

Dengan menggunakan glasswool, Kamu juga bisa menghemat penggunaan AC karena ruangan terasa lebih sejuk. Hasilnya tagihan listrik pada rumah Kamu jadi lebih irit dan tidak membengkak.

  1. Tahan Rambatan Api

Material insulasi glasswool mempunyai ketahanan terhadap rambatan api. Jadi apabila ada percikan api dan mengenai bagian dinding, tidak akan langsung menyambar dan menyebar pada bagian struktur bangunan lainnya. Artinya, keamanan dan kenyamanan pada hunian pun semakin meningkat ketika Kamu menggunakan glasswool.

  1. Durabilitas Tinggi

Glasswool mempunyai daya tahan yang kuat terhadap korosi karena materialnya terbuat dari serat fiber atau pecahan kaca. Jadi, apabila glasswool terkena rembesan air hujan Kamu tidak perlu khawatir akan terjadinya karat. 

Bahkan beberapa jenis glasswool sudah diproduksi dengan bahan perlindungan tambahan yang membuatnya tahan akan serangan serangga dan pertumbuhan jamur. Hal demikian tentu menjadi nilai lebih pada glasswool lantaran tidak akan rusak oleh serangan mikroorganisme. Kerusakan seperti pelapukan pun bisa dihindarkan.

  1. Harga Terjangkau

Walaupun harga bergantung pada kualitas dan merek, material rockwool masih terhitung lebih terjangkau dibanding dengan jenis material lainnya. Glasswool bisa menjadi solusi ekonomis sebagai pilihan terbaik bila Kamu memiliki keterbatasan anggaran. 

Meski begitu, keputusan untuk memilih antara glasswool dan material lainnya tidak hanya didasarkan pada harga saja. Pasalnya masih ada beberapa pertimbangan lain yang perlu Kamu ketahui. Mulai dari tingkat kemampuan meredam suara, daya tahan terhadap rambatan api dan masih banyak lagi. 

GNET Glasswool untuk Solusi Peredam Suara Rumah

GNET Indonesia hadirkan produk glasswool bermutu tinggi yang siap jadikan suhu ruangan di rumahmu jadi lebih stabil. Mempunyai durabilitas kuat menjadikan GNET Glasswool dapat digunakan dalam waktu lama. Temukan GNET Glasswool langsung di Official Store Tokopedia GNET Indonesia.