KEMBALI KE ARTIKEL
07 March 2024

Garasi merupakan ruangan dengan tingkat aktivitas yang cukup berat. Ruangan ini digunakan untuk memarkirkan kendaraan dan juga untuk menyimpan barang.

Penting sekali untuk memilih lantai garasi dengan material yang kokoh dan mempunyai durabilitas tinggi. Selain itu, Kamu juga perlu memperhatikan permukaan lantai untuk garasi.

Disarankan untuk memilih lantai dengan karakter permukaan sedikit kasar. Hal tersebut untuk mencegah kendaraan mengalami slip di garasi akibat permukaan lantai yang licin.

Satu hal yang tak boleh terlewat adalah faktor estetika. Kamu dapat menyesuaikan motif atau warna lantai garasi dengan konsep hunian yang diusung. Alhasil hunian akan tampil lebih padu dan estetik.

Nah, GNET Indonesia akan membagikan rekomendasi material lantai garasi yang kokoh sekaligus estetik. Simak langsung artikelnya di bawah ini.

Rekomendasi Material Lantai Garasi

Berikut ulasan rekomendasi material untuk lantai garasi yang bisa menjadi referensi Kamu: 

  1. Lantai Garasi Semen Plester

Rekomendasi pertama ada lantai garasi dengan material semen yang diplester. Lantai garasi ini cukup populer digunakan di banyak hunian mengingat caranya yang mudah dan biayanya terjangkau.

Cara pembuatannya adalah dengan membuat adonan campuran semen, air, dan pasir. Setelah itu, adonan tersebut diplester pada bagian lantai yang diinginkan. Jangan lupa untuk memberikan akses garis untuk membuat karakter anti slip supaya tidak licin.

Kelebihan dari lantai garasi semen plester adalah daya tahannya yang kuat. Tahan terhadap minyak, bahan kimia, dan cairan - cairan lainnya. 

  1. Lantai Garasi Batu Lempeng

Berikutnya ada lantai garasi batu lempeng. Lantai ini sangat cocok untuk Kamu yang ingin mengedepankan estetika tampilan lantai untuk garasi. 

Batu lempeng terbuat dari batuan alam yang dipotong jadi berbentuk lempengan dengan permukaan lebih besar. Nantinya, batu lempeng diaplikasikan secara berbarengan untuk menghasilkan permukaan lantai yang kokoh.

Lantai garasi batu lempeng akan menghadirkan tampilan bernuansa alami dan natural pada hunian Kamu. Akan tetapi, Kamu perlu memilih batu lempeng dengan pertimbangan matang sesuai ketersediaan anggaran dan kebutuhan.

  1. Lantai Garasi Beton

Lantai garasi beton mempunyai keunggulan dalam segi daya tahan dan kemudahan dalam pembersihan. Mobilitas kendaraan untuk keluar masuk garasi juga cukup mudah lantaran permukaan lantai beton yang tidak licin.

Walau mempunyai banyak kelebihan, bukan berarti lantai beton tidak memiliki kekurangan. Salah satu kekurangannya terletak pada permukaannya yang keras dan sulit diperbaiki saat permukaannya rusak.

  1. Lantai Garasi Grass Block

Sebenarnya grass block lebih sesuai untuk digunakan pada carport dibanding garasi. Namun, tidak ada salahnya jika Kamu ingin mencobanya. Saat dipasang block-block ini akan memiliki celah yang memungkinkan rumput untuk tumbuh.

Rumput-rumput yang tumbuh tersebut pun akan memberikan tampilan hijau yang menarik dan menambah kesan unik pada garasi. Walau begitu jika diaplikan pada garasi, rumput-rumput tersebut tentu akan sulit tumbuh lantaran tidak terkena paparan cahaya matahari secara langsung. Itu sebabnya grass block lebih cocok digunakan pada carport.

  1. Lantai Garasi Paving Block

Paving block atau biasa disebut conblock merupakan blok beton yang dipasang dan disusun bersama-sama untuk menghasilkan permukaan lantai yang kuat dan tahan lama. Terbuat dari kombinasi pasir, semen, dan air menjadikan paving block mempunyai durabilitas tinggi.

Umumnya, paving block memiliki beragam bentuk motif. Beberapa di antaranya, yaitu persegi panjang dan hexagonal. Setelah dipasang paving block juga mempunyai celah di sisi-sisinya. Celah tersebut dapat menghasilkan karakter anti slip pada lantai.

Dari segi perawatan, lantai garasi paving block juga cukup mudah. Kamu dapat menggunakan sapu lidi dan air. Bila ada block rusak, Kamu cukup menggantinya dengan yang baru.

  1. Lantai Garasi Batu Alam Andesit

Batu alam andesit merupakan batuan alam yang kerap diaplikasikan sebagai material bahan bangunan. Salah satu pengaplikasiannya adalah untuk lantai garasi. Batu alam andesit dikenal mempunyai durabilitas yang tinggi sehingga cocok untuk diaplikasikan sebagai material lantai.

Selain itu, batu alam andesit juga mempunyai daya tahan yang kuat terhadap tekanan dan abrasi. Hal ini menjadikan batu alam andesit dapat mempunyai umur pemakai yang lama. Segi perawatannya pun juga tidak terlalu sulit, Kamu cukup membersihkannya beberapa waktu sekali agar terhindar dari kotoran membandel.

Nilai estetika yang ditawarkan oleh batu alam andesit juga tak kalah baik dengan tingkat durabilitasnya. Batu alam andesit memiliki tekstur halus dengan warna bervariasi. Mulai dari warna hitam hingga abu-abu. Batu alam andesit siap hadirkan nuansa elegan pada garasi Kamu.

  1. Lantai Garasi Semen Cetak

Selanjutnya ada lantai garasi dengan material semen cetak.  Lantai ini terbuat dari campuran air, semen dan agregat yang dicetak dan dibentuk sebelum kering mengeras. Kekuatannya tidak perlu diragukan lagi untuk menahan beban kendaraan bermotor. Itu sebabnya lantai jenis ini cocok diaplikasikan di garasi.

Lantai jenis ini cukup populer lantaran mempunyai kombinasi kelebihan antara daya tahan, tingkat keawetan dan kemampuan tinggi dalam penyesuaian desain estetika. Meski begitu, Kamu tetap harus memperhatikan aspek perawatannya supaya lantai ini dapat tetap digunakan dalam jangka waktu lama.

  1. Lantai Garasi Keramik Matte

Tahukah Kamu bahwa tidak semua lantai mempunyai permukaan yang licin dan halus. Namun, ada juga yang sebaliknya yakni sedikit kasar. Keramik dengan permukaan kasar merupakan jenis matte atau rustic.

Memilih keramik jenis ini akan mencegah kendaraan Kamu mengalami slip pada area garasi. Dengan demikian, mobilitas kendaraan di area garasi dapat lebih leluasa. Selain itu tingkat durabilitas dari keramik berjenis ini juga cukup tinggi sehingga kuat untuk menopang beban kendaraan bermotor.

Buat Kamu yang tertarik untuk menggunakan lantai garasi dengan material keramik Matte, GNET Indonesia punya solusinya. Silakan kunjungi GNET Flooring untuk memilih tipe dan motif lantai keramik matte yang sesuai dengan konsep hunian Kamu.

  1. Lantai Garasi Granit Rustic

Jika sebelumnya lantai garasi bermaterial keramik, kini saatnya lantai bermaterial granit. Keduanya mempunyai lapisan permukaan yang kasar. Akan tetapi, durabilitas dan tingkat estetika dari lantai granit lebih baik jika dibandingkan dengan lantai keramik.

Hal ini pun sejalan dengan harga dari lantai granit itu sendiri yang lebih tinggi dari lantai keramik. Jadi, Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan anggaran untuk pembangunan garasi.

  1. Lantai Garasi Marmer

Berikutnya ada lantai garasi marmer. Estetika yang ditawarkan oleh lantai marmer memang bukan main-main. Tampilannya yang cantik akan hadirkan nuansa elegan dan juga mewah pada area garasi Kamu.

Walau begitu, Kamu harus memperhatikan lebih lanjut karena lantai marmer tidak mempunyai durabilitas sebaik jenis lantai lainnya. Jadi pastkan dahulu seberapa banyak kendaraan yang akan ditempatkan di area garasi. 

Hal ini karena dikhawatirkan semakin banyak kendaraan bakal yang berlalu-lalang di garasi dapat memperburuk kualitas durabilitas dari lantai marmer itu sendiri.

  1. Lantai Garasi Batu Koral Sikat

Ingin hadirkan nuansa alami dan unik dengan warna bervariasi? Lantai batu koral sikat bisa jadi alternatif yang baik untuk lantai garasi Kamu. Tidak hanya estetik, jenis lantai ini juga memiliki karakter ketahanan yang sangat kuat.

Lantai bermaterial koral sikat dapat menjadi pilihan yang baik bila Kamu ingin tampilan yang alami pada area garasi Kamu. Tetapi, jangan lupa untuk memilih batu koral dengan kualitas baik supaya Kamu tidak memerlukan proses perawatan secara berat untuk menjaganya tetap awet.

  1. Lantai Garasi Vinyl

Lebih lanjut ada lantai bermaterial vinyl yang bisa Kamu terapkan di area garasi Kamu. Sifat anti slip pada lantai vinyl menjadikannya cocok untuk diaplikasikan pada area garasi. Daya tahannya yang kuat juga menjadi kelebihan lainnya.

Kamu juga dapat memasang lantai vinyl sendiri karena sistem pemasangannya yang mudah. Jadi, Kamu dapat menghemat biaya jasa profesional pemasangan lantai vinyl dan bisa dialokasikan untuk kebutuhan yang lebih penting.

  1. Lantai Garasi Interlocking

Terakhir ada lantai interlocking yang bisa menjadi pilihan alternatif lainnya untuk garasi. Lantai ini terdiri dari beberapa panel atau ubin yang bisa saling mengunci satu sama lain. Ini sebabnya lantai interlocking juga cukup mudah dalam proses pemasangannya.

Daya tahan dari lantai interlocking juga cukup kuat sehingga dapat menahan beban kendaraan yang ada di atasnya. Pilihan varian warna yang menarik dapat membantumu dalam mempercantik ruang garasi. Harganya juga terjangkau sehingga cocok untuk Kamu yang ingin menghemat biaya konstruksi garasi.

Penutup

Demikian ulasan tentang rekomendasi material lantai garasi dengan karakter kokoh dan estetik. Semuanya bisa Kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, ketersediaan anggaran, dan kesesuaian konsep bangunan. Temukan lebih banyak artikel serupa di website GNET Indonesia.