KEMBALI KE ARTIKEL
25 December 2023

Buat Kamu yang sudah lama berkarier di bidang konstruksi tentu sudah tidak asing dengan proses pemasangan gypsum. Untuk memberikan hasil yang maksimal Kamu perlu menggunakan sekrup gypsum.

Pada dasarnya memasang sekrup pada gypsum hampir sama dengan cara instalasi di material partisi lainnya. GNET Indonesia akan mengulas cara pasang sekrup gypsum secara lengkap melalui artikel di bawah. 

Mengenal Apa itu Sekrup Gypsum dan Kegunaannya?

Sekrup gypsum adalah jenis sekrup yang dirancang khusus untuk digunakan dalam pemasangan papan gypsum atau drywall. Drywall merupakan material dinding atau langit-langit terdiri dari lapisan tipis gipsum yang diletakkan di antara dua lembar kertas.

Material ini digunakan untuk memasang papan gypsum pada rangka dinding atau langit-langit. Proses pemasangan sekrup gypsum pada papan gypsum melibatkan pengeboran sekrup melalui papan dan ke dalam stud atau rangka dinding untuk memberikan dukungan yang kokoh. 

Pilihan sekrup yang tepat dan pemasangan yang benar sangat penting untuk mencapai pemasangan drywall yang stabil dan tahan lama. Untuk itu perhatikanlah pemilihan ukuran sekrup gypsum sesuai dengan kebutuhan.

Cara Pasang Sekrup Gypsum

Berikut langkah-langkah cara pemasangan sekrup gypsum yang bisa Kamu terapkan:

1. Gunakan Peralatan yang Tepat

Langkah pertama adalah mempersiapkan peralatan pemasangan secara lengkap. Peralatan tersebut di antaranya, yaitu bor listrik, pensil atau alat penanda lainnya, meteran, dan waterpass.

Papan gypsum terkenal cukup rapuh. Maka dari itu, Kamu membutuhkan peralatan yang tepat untuk memastikan keamanan dan ketepatan pemasangan. Jika tidak, dikhawatirkan sekrup gypsum akan retak dan mengalami kerusakan sehingga tidak mampu berfungsi dengan maksimal.

2. Persiapkan Rangka Stud

Papan gypsum memerlukan rangka stud untuk bisa dipasang pada area yang diinginkan. Sesuaikan dahulu panjang rangka dengan lebar area yang hendak Kamu pasang papan gypsum. Manfaatkanlah alat meteran untuk mengukur rangka stud secara presisi. 

3. Perhatikan Posisi Kepala Sekrup

Setelah peralatan siap secara lengkap, mulailah untuk menandai area yang akan dipasang sekrup gypsum. Gunakanlah alat penanda seperti pensil atau alat tulis lain. Manfaatkan alat ukur supaya jarak antar area pemasangan dapat presisi.

Setelah itu barulah Kamu bisa mulai proses pemasangan. Perhatikanlah posisi kepala sekrup. Jangan sampai Kamu membenamkan sekrup gypsum terlalu dalam. Hal ini karena nantinya sekrup akan ditutup kembali menggunakan compound dan tape gypsum.

4. Lakukan Pemeriksaan pada Area Pemasangan Papan Gypsum

Saat memasang sekrup Kamu juga perlu memeriksa kembali area pemasangan secara menyeluruh. Pastikan setiap sudut rangka masih kuat dan layak pakai. Jangan memaksakan diri untuk mengebor sekrup di rangka yang sudah rapuh atau retak karena hal ini justru akan membahayakan Kamu sebagai penghuni rumah. 

Singkirkan juga benda-benda yang mengganggu seperti tonjolan paku atau sekrup yang sudah tidak terpakai. Dengan demikian papan gypsum bisa terpasang secara mudah dan proses lebih cepat.

5. Jumlah Sekrup gypsum yang Dipasang

Untuk memastikan kekuatan gypsum yang dipasang sekaligus merapikan alur pemasangan, Kamu sebaiknya menggunakan minimal lima sekrup di tiap-tiap ruas papan gypsum yang digunakan. 

Posisikan lima sekrup tersebut secara konsisten sehingga memiliki jarak yang sama. Jangan lupa untuk memilih panjang sekrup yang sesuai. Mengapa demikian? Karena jika tidak, dikhawatirkan sekrup tidak mampu menopang gypsum secara kuat atau bahkan yang lebih buruknya adalah merusak material papan gypsum itu sendiri.

6. Ratakan Permukaan Papan Gypsum

Saat proses pemasangan berlangsung Kamu dapat meninjau tingkat kerataan papan gypsum. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan alat waterpass. Jika papan gypsum sudah rata Kamu dapat mengulangi proses pemasangan gypsum pada sisi lainnya dan begitupun seterusnya.

7. Gunakan Bantuan Ahli

Apabila Kamu belum memiliki pengalaman memasang papan gypsum, sebaiknya mintalah orang lain yang lebih ahli untuk mendampingi Kamu Jika ada bujet lebih, Kamu juga dapat meminta bantuan ahli untuk memasang papan gypsum tanpa perlu bersusah payah.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, papan gypsum cenderung lebih rapuh saat dipasang. Dengan kata lain, pemasangan material ini membutuhkan tangan-tangan terampil yang berpengalaman.

Penutup

Demikian artikel tentang cara pasang sekrup gypsum. Papan gypsum memang menjadi salah satu material partisi primadona baik untuk bangunan komersial maupun hunian pribadi. Hal ini karena papan gypsum mempunyai harga yang lebih terjangkau bila dibandingkan Kamu membangun dinding secara permanen. Temukan lebih banyak artikel mengenai tips dan trik konstruksi atau dekorasi bangunan lainnya bersama GNET Indonesia!