KEMBALI KE ARTIKEL
02 August 2023

Seiring berjalannya waktu proses pembangunan konstruksi terus berkembang dari waktu ke waktu. Perkembangan tersebut terjadi di seluruh lini konstruksi termasuk pada bahan baku material.

Salah satu material yang kini cukup populer di kalangan pekerja konstruksi adalah besi hollow. Sifat dan karakteristik dari logam ini yang kokoh dan anti korosi menjadikannya sangat durabilitas untuk penggunaan dalam jangka waktu yang lama.

Yuk, kenali lebih jauh tentang besi hollow bersama GNET Indonesia melalui ulasan berikut ini:

Pengertian Besi Hollow Adalah

Besi hollow adalah jenis material besi yang berbentuk pipa panjang persegi empat dengan rongga di dalamnya. Karena bentuknya tersebut, tak jarang yang menyebut besi hollow dengan nama pipa kotak.

Nama asli dari material tersebut berasal dari bahasa Inggris, yakni besi HSS atau hollow structural sections. Sebutan nama tersebut mengarah pada pipa baja yang mempunyai kekuatan tinggi untuk diaplikasikan pada elemen struktur konstruksi.

Lantaran memiliki bentuk pipa kotak dengan panjang yang tegak, banyak pula aplikator bangunan yang memanfaatkanya untuk material interior dan furniture berkonsep industrial. Ini menjadi tren baru yang banyak digunakan pada hunian-hunian modern.

Fungsi Besi Hollow

Dalam bidang konstruksi besi hollow mempunyai beragam fungsi, antara lain sebagai berikut:

1.Menjadi Rangka Plafon Atap

Besi hollow menjadi primadona lantaran banyak digunakan pada rangka atap bangunan. Dengan karakter yang kokoh besi ini dapat menjadi penopang yang kuat untuk menjaga rangka plafon atap. Dengan bobot ringan menjadikan material ini sangat fungsional.

2.Pagar dan Railing

Saat ini tren perkembangan konstruksi juga mulai beranjak pada pengaplikasian besi hollow untuk pagar dan railing balkon. Selain kuat material tersebut juga mempunyai tampilan visual yang estetik dan unik.

3.Furniture Hunian ala Industrial

Buat Kamu yang menerapkan konsep industrial pada hunian, penggunaan besi hollow dapat menambah kesan unfinished yang lebih kental. Seperti diketahui, rumah industrial sangat mengedepankan tampilan unik dan klasik. Material ini bisa Kamu gunakan sebagai penyangga atau gantungan lampu.

4.Penyangga Partisi Ruangan

Besi hollow dapat menjadi solusi yang tepat sebagai penyangga partisi ruangan. Karakter kokoh pada besi hollow membuatnya fleksibel untuk menyangga berbagai jenis material dinding partisi. Salah satunya papan semen.

Jenis-Jenis Besi Hollow

Dalam pengaplikasiannya besi hollow terbagi dalam beberapa jenis. Apa sajakah jenisnya? Berikut di antaranya.

1.Besi Hollow Galvanise

Jenis pertama adalah galvanis. Besi hollow ini mempunyai kandungan zinc coating hingga 97%. Lalu, kandungan 3% sisanya terdiri dari aluminium dan zat lainnya. Jenis galvanis banyak digunakan pada pagar, kanopi dan struktur konstruksi lainnya.

2.Besi Hollow Galvalume

Jenis galvalume mempunyai lapisan aluminium dengan kandungan yang lebih besar dari pada besi hollow galvanis. Adapun kandungannya sekitar 55% aluminium, kandungan unsur besi 43,5 %. Lalu, lapisan 1,5 % dilapisi oleh silikon agar besi tersebut anti korosi ketika kena air hujan.

3.Besi Hollow Hitam

Besi hollow hitam merupakan material besi dengan ukuran panjang khusus yang sudah terstandardisasi. Hal ini dilakukan karena pengaplikasiannya untuk pembuatan pagar. Diproduksi dari baja membuat besi hollow hitam sangat durabilitas saat digunakan.

4.Besi Hollow Gypsum

Selanjutnya ada jenis gypsum. Jenis ini cukup populer digunakan pada konstruksi. Dibuat dari perpaduan material stainless steel membuatnya sangat kuat dan tahan lama. Umumnya, besi hollow gypsum digunakan pada rangka atap rumah atau bangunan konstruksi komersial lainnya.

Kelebihan Besi Hollow untuk Bangunan

Besi hollow mempunyai beberapa kelebihan yang menjadikannya sebagai material populer di bidang konstruksi bangunan. Berikut beberapa kelebihannya.

1.Bobot Ringan

Bobot yang ringan menjadi kelebihan utama dari material ini. Dengan bobot ringan, proses konstruksi dapat dilakukan dengan efisien sehingga dapat mengurangi biaya dan waktu pembangunan proyek.

2.Durabilitas Tinggi

Walau mempunyai bobot ringan, besi hollow memiliki durabilitas kuat. Hal ini menjadikannya sebagai bahan material konstruksi yang sangat efisien dalam penggunaannya di berbagai bangunan.

3.Beragam Jenis, Dimensi dan Bentuk

Besi hollow tersedia dalam beragam jenis, dimensi dan bentuk. Mulai dari bentuk segi empat, persegi panjang hingga lingkaran. Dengan keragaman tersebut tentu memudahkan Kamu dalam menyesuaikannya dengan kebutuhan proyek konstruksi.

4.Pemasangan Mudah

Besi hollow dapat dengan mudah dipotong dan dibentuk sesuai dengan keperluan. Alhasil Kamu bisa lebih mudah dalam memasang material tersebut pada bangunan komersial maupun hunian.

Kesimpulan

Itulah pembahasan tentang besi hollow adalah, fungsi, jenis dan kelebihannya untuk bangunan. Dengan membaca ulasan ini, Kamu pasti sudah lebih memahami besi hollow bukan?

Kabar baiknya, GNET Indonesia juga menghadirkan besi hollow dengan kualitas tinggi, pemasangan praktis dan harga ekonomis. Yuk, langsung kepoin besi hollow langsung melalui halaman berikut.

Mau tahu lebih banyak tips dan insight tentang hunian lainnya? Langsung aja follow Instagram GNET Indonesia.