KEMBALI KE ARTIKEL
08 December 2023

Mempunyai jenis lantai granit di rumah bisa dibilang adalah suatu kemewahan. Hal ini karena dibandingkan dengan jenis lantai lain, bahan granit lebih kokoh, serta tampilan lebih berkelas. Meskipun begitu, banyak yang sering mengalami bahwa lantai granit mudah lepas. Kok bisa? 

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan jenis lantai ini mudah lepas. Meskipun lantai granit memberikan kesan mewah, memasangnya pun tidak bisa sembarangan dan perawatannya pun harus dilakukan secara rutin. Apa saja sih penyebab granit mudah lepas?

Penyebab Lantai Granit Rumah Lepas

Berikut beberapa penyebab lantai granit di rumah terlepas, di antaranya yaitu:

  1. Pembuatan Perekat yang Kurang Tepat Menyebabkan Lantai Granit Mudah Lepas

Penyebab utama lantai granit mudah lepas biasanya berkaitan dengan pembuatan perekat yang digunakan. Hal ini karena perekat memiliki peran penting pada pemasangan lantai. Jika adonan perekat yang kamu buat terlalu lembek, maka perekat berpotensi menyusut saat sudah kering. 

Hal ini menyebabkan sambungan antar lantai menjadi renggang dan lantai pun lepas. Selain itu, campuran antara semen dan pasir yang tidak sesuai juga menimbulkan adanya kantong udara di bawah lantai.

  1. Pemasangan Tidak Dilakukan oleh yang Profesional sehingga Lantai Granit Mudah Lepas

Jika tidak dipasang oleh ahlinya, sudah tentu ini jadi pemicu lantai granit mudah lepas. Pemasangan lantai granit harus dilakukan oleh yang sudah berpengalaman dan ahli di bidangnya agar mampu memberikan tampilan yang menarik, namun juga menghindari resiko yang tidak diinginkan. Hubungi saja para aplikator GNETION untuk memasang lantai granit di rumah kamu. Dijamin aman!

  1. Lantai Granit Mudah Lepas karena Dipasang dengan Teknik yang Tidak Tepat 

Pemasangan lantai tidak bisa sembarangan karena memiliki standar teknik yang khusus lho. Tekniknya yaitu dengan memulai satu keeping lalu memanjang, bukan melebar. Selain itu, arah pemasangan yang benar yaitu dimulai dari sisi bagian dalam menuju ke sisi bagian luar. Artinya, lantai granit lebih baik dimulai dari area tengah ruangan terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan ke tepi hingga menuju area pinggir ruangan. 

Baca Juga: 10 Inspirasi Lantai Granit untuk Jadikan Hunian Kamu Tampak Mewah 

Jangan pernah memasang lantai granit dari sisi bagian luar menuju sisi bagian dalam, karena akan menyebabkan hasil pekerjaan menjadi tidak rapi. Pemasangan yang tidak rapi akan meningkatkan resiko lantai lepas.

  1. Menginjak Lantai Granit yang Baru Saja Dipasang

Jika lantai granit mudah lepas, coba inget-inget lagi deh. Dulu ketika awal pemasangan, apakah ketika selesai kamu langsung menginjaknya? Karena jika kamu melakukannya, hal inilah yang bisa menjadi salah satu penyebab lantai granit mudah lepas. 

Menginjak lantai granit saat perekat belum kering akan menekan salah satu sisi lantai dan mengangkat sisi yang lain, sehingga bagian lantai granit yang terangkat tidak merekat secara sempurna.

  1. Kualitas Lantai Granit yang Buruk Menyebabkan Lantai Granit Mudah Lepas

Granit dengan kualitas buruk memiliki ketahanan yang buruk juga. Hal ini juga yang menjadi pemicu lantai granit bisa pecah, atau bahkan meledak akibat ketahanannya yang tidak bagus. Gunakan lantai granit yang kualitasnya jelas. GNET memiliki dua jenis lantai granit berkualitas, yaitu GNET Granit Tile, dan GECO Granite Tile. 

Cara Mengatasi Lantai Granit yang Lepas

Setelah mengeksplor tentang apa-apa saja pemicu lantai granit lepas, kini saatnya mengetahui cara mengatasinya.

  1. Bongkar Dahulu Lantai Granit yang Terangkat

Cara pertama yang bisa Kamu lakukan ketika ada lantai granit yang terangkat adalah dengan membongkarnya. Kamu bisa membongkarnya sesuai dengan luas permukaan granit yang lepas.

Jangan lupa untuk memperhatikan secara menyeluruh apakah ada permukaan granit yang berpotensi terangkat. Jika ada ada Kamu bisa sekalian membongkarnya agar granit tidak terlepas di kemudian hari.

  1. Bersihkan Sisa Perekat

Setelah granit dibongkar langkah selanjutnya adalah membersihkan sisa perekat. Langkah ini penting untuk Kamu lakukan supaya bisa mengaplikasikan perekat yang baru dengan optimal. 

Membersihkan sisa perekat granit akan membantumu dalam membuat permukaan menjadi lebih rata. Untuk mengecek kerataan permukaan granit Kamu juga bisa menggunakan alat waterpass.

Pemasangan granit baru memerlukan permukaan yang bersih dan bebas dari puing-puing atau sisa perekat lama. Daya rekat lantai juga bakal lebih kuat sehingga masalah granit terlepas tidak kembali terjadi di masa depan. 

  1. Aplikasikan Ulang Perekat Granit

Ketika permukaan granit yang lepas sudah bersih dari sisa-sia perekat terdahulu, Kamu dapat mengaplikasikan perekat yang baru. Pastikan untuk menggunakan perekat granit yang berkualitas supaya pemasangan dapat memberi hasil optimal.

Beberapa perekat granit dapat menyesuaikan diri dengan perubahan suhu sehingga mencegah terjadinya retak atau kerusakan akibat ekspansi dan kontraksi termal. Pemilihan perekat granit secara tepat akan membantu Kamu dalam mempermudah perawatan lantai. Pasalnya, granit jadi tidak mudah terlepas dan minim mengalami pergeseran posisi.

  1. Pasang Granit Kembali

Mulailah proses pemasangan granit kembali di atas permukaan lantai yang sudah diaplikasikan perekat secara merata. Jangan lupa untuk memperhatikan pola atau motif granit. Pastikan pola granit antar satu dan lainnya saling terhubung supaya tampilannya tetap estetis.

Oleskan nat granit pada setiap sisi lantai granit supaya lebih kuat. Penggunaan nat juga akan mencegah masuknya air masuk melalui sela-sela pinggiran lantai. Dengan demikian, granit akan lebih awet karena terhindar dari suhu lembab atau rembesan air yang memungkinkan untuk merusak lantai dari dalam.

  1. Finishing

Terakhir, Kamu dapat melakukan proses finishing pada lantai granit setelah selesai proses pemasangan. Pada proses finishing Kamu bisa membersihkan sisa-sisa semen dan nat yang ada di permukaan granit. 

Demi menjaga lantai granit tetap mengkilap, Kamu bisa mengaplikasikan coating. Nah, coating sendiri bisa mencegah granit mengalami goresan. Selain itu kotoran dan debu juga tidak mudah menempel pada lantai granit. 

Penutup

Demikian ulasan tentang pemicu dan cara mengatasi lantai granit yang lepas. Semoga artikel ini bisa membantu Kamu. Buat Kamu yang ingin mengganti lantai granit dengan tampilan yang lebih baik dan perawatan mudah,  bisa gunakan GNET Granite Tile!

Terbuat dari material bermutu tinggi dan melalui proses finishing nano technology, menjadikan GNET Granite Tile mempunyai keindahan maksimal. Wujudkan estetika di setiap langkah hunian Kamu dengan GNET Granite Tile. Checkout sekarang di Official Store Tokopedia GNET Indonesia!