KEMBALI KE ARTIKEL
27 May 2023

Buat Kamu yang sedang menyusun perkakas rumah tangga, sudah tahu belum apa itu kitchen sink? Jadi kitchen sink sendiri merupakan salah satu perkakas penting yang perlu ada di setiap rumah. 

Dengan adanya kitchen sink Kamu akan lebih mudah dalam membersihkan peralatan makan dan minum. Berdasarkan materialnya, kitchen sink juga dibuat dalam beberapa jenis. Pada artikel berikut GNET Indonesia akan mengajak Kamu untuk mengenal lebih dekat tentang apa itu kitchen sink, jenis-jenis dan tips untuk memilihnya secara tepat. Yuk, simak ulasannya sebagai berikut:

Apa itu Kitchen Sink?

Kitchen sink adalah peralatan rumah tangga yang biasa disebut dengan meja cuci piring. Tak cuma digunakan pada dapur rumah, kitchen sink juga diaplikasikan di restoran dan berbagai tempat dengan kebutuhan pencucian peralatan makan dan minum lainnya. 

Buat Kamu yang suka aktivitas memasak, memiliki kitchen sink merupakan salah satu keharusan. Karena jika tidak memilikinya, Kamu akan kesulitan untuk membersihkan segala perabot masak-memasak yang kotor. Tidak cuma untuk membersihkan perabot masak, kitchen sink juga berfungsi untuk mencuci bahan-bahan makanan. 

Biasanya kitchen sink ini ditempatkan di dekat kompor. Lokasi penempatan tersebut dipilih untuk memudahkan Kamu meletakkan alat masak yang kotor meja cuci piring. Selain itu, kitchen sink juga dibuat jadi satu dengan lemari atau kabinet di bawahnya. 

Sekilas kitchen sink memang tampak seperti wastafel. Namun keduanya punya fungsi yang berbeda. Kitchen sink akan berukuran lebih besar karena digunakan untuk mencuci alat-alat masak. Sedangkan wastafel cenderung hanya digunakan untuk mencuci tangan.

Meja cuci piring terbagi dalam beberapa tipe bak. Mulai dari hanya memiliki satu bak cuci saja hingga ada pula yang mempunyai tiga bak cuci sekaligus. 

Jenis Material Dasar Kitchen Sink

Setelah mengetahui tentang apa itu kitchen sink, mari kita ketahui jenis-jenis materialnya sebagai berikut:

  1. Stainless Steel

Jenis kitchen sink yang paling umum digunakan adalah stainless steel. Hal tersebut lantaran meja cuci piring berdahan basar material ini mudah dibersihkan dan punya daya tahan yang awet. Baik dalam menahan suhu panas maupun karat akibat korosi. Tak cuma itu kitchen sink stainless steel juga tampak mewah karena mengkilau ketika bersih.

Mari Kenali Apa itu Kitchen Sink, Jenis Material dan Tips Memilihnya

Source: Blanco 

  1. Enameled Cast Iron 

Enameled cast iron biasa dikenal dengan porselen. Kitchen sink jenis ini terbuat dari besi. Sifat materialnya yang padat menjadikan kitchen sink enameled cast iron mempunyai beban yang jauh lebih berat. Akan tetapi, daya tahan dari meja cuci piring ini sangat luar biasa dan tak kalah dengan stainless steel. 

  1. Akrilik

Kitchen sink berbahan material akrilik cocok digunakan pada desain interior apapun. Tak cuma itu meja cuci piring jenis material ini juga mempunyai harga yang terjangkau dan mudah ditemukan di manapun. 

Karena terbuat dari akrilik atau plastik, kitchen sink ini rentan tergores oleh benda-benda tajam seperti pisau. Jadi Kamu harus lebih berhati-hati dalam menggunakan meja cuci piring ini.

  1. Keramik

Selanjutnya ada meja cuci piring dengan material keramik. Kitchen sink keramik bisa Kamu peroleh dengan harga yang lebih terjangkau dan punya tampilan yang cantik. Akan tetapi, Kamu perlu menggunakannya dengan hati-hati. Pasalnya di sela-sela nat kitchen sink rentan mengalami kebocoran. 

  1. Granit

Untuk Kamu yang ingin memiliki kitchen sink dengan tampilan mewah, jenis granit bisa jadi pilihan tepat. Hal ini karena kitchen sink granit merupakan meja cuci piring dengan kualitas tertinggi. 

Mari Kenali Apa itu Kitchen Sink, Jenis Material dan Tips Memilihnya.

Source: Overstock.com  

Walau harga meja cuci piring granit lebih tinggi dari jenis lainnya, namun kualitasnya tidak perlu Kamu ragukan. Bisa dibilang bahan material granit sangat awet, karena tahan terhadap suhu tinggi, mudah dibersihkan dan tidak mudah tergores.

Tips Memilih Kitchen Sink

Buat Kamu yang ingin membeli kitchen sink, berikut ada beberapa tipsnya:

- Tentukan ukuran kitchen sink sesuai ruang yang tersedia

- Pilih jenis material meja cuci piring sesuai dengan anggaran yang dimiliki

- Cari tahu berapa banyak kebutuhan bowl atau kolam cuci, bisa satu, dua atau tiga.

- Pastikan kitchen sink sudah dilengkapi dengan saringan kotoran agar tidak menyumbat pipa pembuangan

Demikian pembahasan mengenai apa itu kitchen sink, jenis-jenis, dan tips untuk memilihnya. Bila tertarik memiliki kitchen sink dengan kualitas premium silakan kunjungi official store Tokopedia dari GNET Indonesia.