KEMBALI KE ARTIKEL
08 August 2023

Fungsi partisi ruangan yang utama adalah untuk menjadi sekat pembatas antar ruang satu dan ruang lainnya. Dengan adanya material ini, Kamu dapat membagi ruangan besar menjadi beberapa ruang kecil sesuai dengan kebutuhan.

Mari kita bahas lebih lengkap mengenai fungsi partisi ruangan untuk buat rumah Kamu kian nyaman melalui artikel berikut.

Apa itu Partisi Ruangan

Partisi ruangan adalah material untuk membagi ruangan secara lebih ekonomis. Dikatakan ekonomis lantaran partisi ruangan ini membutuhkan biaya yang leih terjangkau dan fleksibel jika dibandingkan dengan dinding permanen. Tidak cuma berguna untuk memisahkan ruang, partisi ruangan juga bermanfaat untuk meningkatkan nilai estetika pada hunian.

Awalnya partisi ruangan terbuat dari material seperti kayu atau bambu. Namun, seiring berkembangnya zaman mulai banyak bermunculan material-material lain untuk mengaplikasikan partisi ruangan. Salah satu material yang populer digunakan pada saat ini adalah cement board atau papan semen.

Bila ingin membuat ruangan kedap suara seperti studio musik, Kamu dapat memilih partisi ruangan akustik. Alhasil, Kamu dapat meredam suara ruang studio musik agar tidak mengganggu ruangan lainnya.

Fungsi Partisi Ruangan

Adapun beberapa fungsi partisi ruangan yang dapat Kamu ketahui, yakni sebagai berikut:

1.Memisahkan Ruang

Fungsi partisi ruangan pertama tentu saja untuk memisahkan ruang. Sebagai contoh, Kamu ingin memisahkan ruang antara kamar tidur dan ruang tamu. Di sini Kamu dapat menempatkan partisi ruangan.

Penggunaan partisi ruangan juga dapat memberikan fleksibilitas pada Kamu dalam mengelola ruang. Hal ini karena material yang digunakan adalah tidak permanen. Artinya, sewaktu-waktu Kamu dapat membongkarnya kembali sesuai dengan kebutuhan tata ruang hunian.

2.Memberi Privasi

Keberadaan partisi ruangan dapat memberi privasi kepada penghuni rumah. Terlebih untuk Kamu yang bekerja dari rumah. Adanya partisi ruangan dapat membuat ruang kerja yang lebih tertutup sehingga Kamu dapat lebih berkonsentrasi tanpa khawatir adanya distraksi dari luar.

3.Estetika Hunian

Estetika hunian sendiri merujuk pada visualisasi, artistik dan keindahan. Dari sini partisi ruangan dapat difungsikan untuk mengacu pada estetika. Namun, Kamu perlu memadupadankan dengan beragam elemen pendukung, seperti warna, bentuk, tekstur, pencahayaan dan peletakan.

Tidak cuma itu Kamu juga perlu memperhatikan betul konsep hunian yang dianut. Bila hunian Kamu menggunakan konsep minimalis, maka partisi ruangan juga disarankan untuk menggunakan warna cat netral. Contohnya seperti, putih, abu-abu atau beige. Dengan begitu keselarasan akan muncul.

4.Menghemat Penggunaan Biaya

Adanya partisi ruangan dapat membantu dalam mengelola aliran udara pada ruangan. Alhasil, suhu hunian dapat lebih stabil. Tidak panas ataupun lembab.

Bayangkan jika suhu hunian Kamu tidak stabil seperti terlalu panas atau lembab. Tentunya bakal berpotensi membutuhkan biaya lebih banyak untuk memperbaikinya. Suhu panas pada ruangan membuat Kamu memerlukan AC. Dan bila terlalu lembab, Kamu juga membutuhkan insulasi ruangan.

5.Mengendalikan Pencahayaan Alami

Pencahayaan alami sangatlah penting untuk hunian. Dengan pencahayaan yang cukup pada hunian akan membuat rumah Kamu kian nyaman. Jika rumah Kamu kurang cahaya, ruangan akan menjadi lembab dan mengakibatkan tumbuhnya jamur serta bakteri penyebab penyakit.

Dengan tata letak partisi ruangan secara tepat, Kamu bisa mengelola pencahayaan dengan baik sehingga mampu tersebar ke seluruh tempat.

Jenis-Jenis Partisi Ruangan Berdasarkan Material

Setelah mengetahui fungsi partisi ruangan, Kamu mungkin mulai tertarik untuk mengaplikasikannya pada hunian. Berikut ada beberapa jenis partisi berdasarkan materialnya yang bisa Kamu Gunakan.

1.Material Kaca

Saat ini banyak hunian yang menggunakan konsep minimalis. Dengan memanfaatkan ruang sebaik mungkin, partisi ruangan pun turut digunakan. Nah, salah satu material yang cocok digunakan pada ruangan ini adalah kaca.

Partisi ruangan kaca mempunyai tampilan yang estetik dan sangat padu dengan desain interior minimalis. Namun, kekurangannya adalah sifatnya yang transparan sehingga mengurangi privasi. Untuk itu, Kamu perlu menambah skotlet agar dapat menutup kaca supaya tidak terlihat dari sisi lainnya.

2.Material Kayu

Ingin hadirkan kesan klasik dan estetik? Partisi ruangan bermaterial kayu dapat menjadi solusi tepat untuk Kamu. Sangat cocok untuk diaplikasikan pada hunian berkonsep industrial. Corak dan motif pada partisi kayu dapat menambah kesan unfinished pada hunian.

Akan tetapi, partisi ruangan kayu ini memerlukan perhatian lebih. Jika tidak, bisa saja partisi ruangan ini akan mengalami serangan rayap atau mengalami pelapukan.

3.Material Cement Board atau Papan Semen

Partisi ruangan dari papan semen (cement board) adalah jenis partisi yang menggunakan bahan papan semen sebagai material utamanya. Bahan mempunyai durabilitas yang kuat karena tahan air, tahan api, dan cukup kuat untuk digunakan dalam berbagai aplikasi konstruksi.

Kabar baiknya GNET Indonesia menghadirkan GNET Cement Board yang diproduksi dari material bermutu tinggi. Mudah dipasang dan dapat dipotong sesuai dengan kebutuhan konstruksi. Yuk, langsung cari tahu produknya di Official Store Tokopedia GNET Indonesia.

Penutup

Demikian pembahasan seputar fungsi partisi ruangan dari GNET Indonesia. Semoga artikel ini dapat memberikan referensi terbaik untuk Kamu. Jangan lupa untuk Follow akun Instagram GNET Indonesia agar tidak ketinggalan tips hunian menarik lainnya, ya!