KEMBALI KE ARTIKEL
15 December 2021

GNET

Apa itu Struktur Kantilever?

Untuk yang belum familiar dengan istilah ini, Kantilever merupakan struktur bangunan yang dibuat menonjol atau keluar dari bangunan utama. Struktur bangunan yang keluar ini dibantu dengan dengan penyangga pada satu sisi saja. Hal inilah yang membuat bangunan terlihat melayang tanpa penyangga. Belakangan banyak yang menerapkan struktur kantilever ini karena bentuknya yang unik dan modern. Namun, penerapan struktur kantilever ini memerlukan perhitungan dan penguasaan teknis yang teliti dan akurat agar bangunan tetap kokoh, anti ambruk, dan tahan lama.

 

Penerapan struktur Kantilever pada eksterior rumah

struktur kantilever eksterior interior

Sumber: Pinterest

Struktur kantilever dapat digunakan pada berbagai bangunan, seperti rumah, bangunan bertingkat, jembatan, dan lain sebagainya. Namun, penggunaan struktur kantilever ini lebih cocok digunakan bagi yang memiliki rumah di area yang luas seperti seperti tebing, hutan, atau di kaki gunung. Dengan menerapkan struktur kantilever ini, kamu bisa menangkap lebih banyak pemandangan dari lingkungan sekitar.

 

Penerapan struktur Kantilever pada interior rumah

struktur kantilever interior tangga

Sumber: home-designing

Tidak hanya diterapkan untuk eksterior, namun struktur kantilever ini juga bisa diterapkan untuk interior rumah. Contohnya pada penerapan tangga. Struktur kantilever mulai banyak diterapkan pada tangga rumah modern minimalis. Kini, mulai populer desain anak tangga yang tumpuannya di dalam dinding tempat setiap anak tangga tersebut menggantung, sehingga tangga terlihat melayang.

 

struktur kantilever interior kasur

Sumber: architizer

Contoh lain struktur kantilever untuk interior adalah pada alas tidur atau kasur. Penerapan struktur kantilever pada kasur akan membuat kasur terlihat menggantung dan melayang. Dijamin kasur kamu akan terlihat estetik dan modern! 

 

Kelebihan penggunaan struktur kantilever

Selain desainnya yang unik dan estetik, penggunaan stuktur kantilever memiliki banyak kelebihan, antara lain:

  1. Mampu memberikan pemandangan sekitar yang lebih luas
  2. Berfungsi menjadi berbagai macam keperluan, seperti carport atau sebagai kanopi rumah
  3. Lebih menghemat biaya karena hanya memanfaatkan satu tiang penyangga saja

 

Kekurangan penggunaan struktur kantilever

Meskipun punya berbagai kelebihan, struktur kantilever pun memiliki keterbatasan, antara lain:

  1. Rancangan desain tidak boleh asal-asalan karena membutuuhkan perhitungan yang teliti dan akurat
  2. Karena rancangan butuh perhitungan yang akurat, tenaga ahli yang digunakan pun pasti mengeluarkan biaya yang cukup mahal
  3. Material yang digunakan cukup mahal karena harus menggunakan material yang berbobot ringan namun kokoh. Pastikan menggunakan bahan bangunan berkualitas ya!
  4. Hunian dengan struktur kantilever harus dibangun di lahan dan tanah yang tepat agar bangunan tidak mudah ambruk

Penerapan struktur kantilever memberikan keindahan dan keunikan tersendiri. Struktur kantilever sangat tepat untuk diterapkan oleh kamu yang ingin memiliki hunian estetik dan modern. Pastikan kamu menggunakan bahan bangunan berkualitas agar hunian kokoh dan tahan lama. Semoga artikel ini menginspirasimu dalam membangun hunian idaman ya!