KEMBALI KE ARTIKEL
23 June 2023

Buat Kamu yang berkarier di bidang konstruksi bangunan pasti sudah tidak asing dengan floordeck. Umumnya material ini berfungsi untuk meningkat sebuah bangunan. Buat Kamu yang ingin membuat tingkat pada rumah, material ini adalah solusi tepat.

Bila sebelumnya, material untuk alas meningkat rumah menggunakan papan kayu yang terbilang rapuh. Kini dengan menggunakan floordeck, tingkat rumah Kamu akan lebih aman. Hal ini lantaran material tersebut sangat kokoh dan tahan lama.

GNET Indonesia akan mengulas lebih lengkap tentang pengertian floordeck, karakteristik dan manfaatnya. Yuk, simak selengkapnya.

Pengertian Floordeck

Pengertian Floordeck, Karakteristik dan Jenisnya untuk Konstruksi Bangunan

Source: Archdaily

Floordeck adalah bahan material berjenis baja bertulang yang berbentuk lembaran dan dipasang secara horizontal. Biasanya material ini berperan sebagai bekisting atau tulangan yang akan dituang campuran beton di atasnya. Ketika campuran beton telah kering dan mengeras akan menjadi satu dengan material ini.

Istilah floordeck sebenarnya banyak juga disebut bondek. Tapi, tahukah Kamu bahwa bondek adalah sebuah merek dagang. Jadi, sebutan yang benar ialah floordeck. Umumnya, material ini banyak digunakan dalam berbagai proyek konstruksi mulai dari bangunan komersial, industri hingga hunian pribadi.

Floordeck terbuat dari bahan galvalum yang dilapisi oleh galvanis. Bahan baku inilah yang menjadikan material tersebut mempunyai sifat anti karat dan anti air. Tak cuma itu, material ini juga dapat menjadi pengganti papan kayu yang rentan akan serangan rayap.

Ukuran panjang floordeck tersedia berbagai macam. Mulai dari 4m, 5m dan 6m. Serta, ketebalan 0,65mm dan 0.75mm. Ukuran-ukuran ini bisa Kamu sesuaikan kembali dengan kebutuhan pada proyek konstruksi.

Untuk lebarnya tersedia dalam ukuran 60 cm, 70cm hingga 1 m. Ukuran 1m merupakan yang paling sering digunakan. Ini karena lebih mudah dalam perhitungannya saat menjalankan proyek.

Karakteristik Floordeck

Untuk membantu Kamu semakin kenal dengan floordeck, berikut ada beberapa karakteristiknya yang membedakannya dengan material flooring lainnya:

1.Material

Floordeck terbuat dari material lembaran baja bertulang. Material ini mempunyai kekuatan struktural tinggi. Dilapisi dengan pelindung galvanisasi menjadikan jenis flooring tersebut tahan terhadap korosi.

2.Profil

Bentuk profil dari material cukup khas dengan bentuk gelombang atau lonjakan kecil di permukaannya. Profil tersebut membantu meningkatkan daya cengkeram pada cairan beton yang dituang di atasnya.

3.Ketahanan Beban

Floordeck dirancang untuk menahan beban berbobot tinggi. Baik beban hidup seperti manusia sampai perabotan berat seperti kasur lemari dan lain sebagainya.

4.Tahan Api

Tahan rambatan api merupakan salah satu karakteristik dari material tersebut. Ketika ada percikan api, flooring ini tidak akan merambatkannya. Alhasil, hunian Kamu akan lebih aman dari kebakaran.

5.Pemasangan Mudah dan Cepat

Floordeck dapat dengan mudah diaplikasikan pada konstruksi bangunan. Diposisikan secara horizontal di atas rangka baja atau beton. Lalu, hubungkan dengan sistem pengunci. Jika sudah siap, langkah selanjutnya menuangkan campuran beton dan tunggu hingga kering. Setelah kering, maka flooring ini sudah bisa digunakan untuk beraktivitas.

6.Efisiensi Energi

Karakteristik floordeck selanjutnya adalah kemampuan isolasi termalnya yang baik. Hal demikian akan membantu mengurangi suhu dan energi panas dari lantai atas ke bawah. Alhasil, ruangan yang ada di bawah material ini akan lebih hemat dalam penggunaan alat pendingin ruangan.

Jenis - Jenis Floordeck

Pengertian Floordeck, Karakteristik dan Jenisnya untuk Konstruksi Bangunan

Source: Bisotisme

Berikut ada beberapa jenis floordeck yang umum diaplikasikan dalam konstruksi bangunan.

1.Aluminium

Floordeck aluminium mempunyai bobot paling ringan namun tetap kokoh. Kelebihannya, yaitu tahan karat dan anti korosi. Flooring ini cocok untuk diaplikasikan pada bangunan di kawasan yang sering turun hujan dan daerah dekat pantai. Bobot ringan tersebut tentu akan mengurangi beban pada bangunan.

2.Tembaga

Ciri khas utama floordeck tembaga merupakan tampilannya yang unik. Floorin ini akan mengalami perubahan warna seiring waktu. Misalnya, dari warna asli coklat hingga hijau kebiruan. Tampilan unik inilah yang akan menjadikan hunian Kamu makin estetik. Walau begitu, material ini cukup rawan penyok dan mempunyai harga yang lebih mahal.

3.Baja

Floordeck baja menjadi salah satu yang populer digunakan pada proyek konstruksi saat ini. Keunggulan dari material jenis tersebut ialah harganya yang terjangkau, minim perawatan dan penggunaan tahan lama. Tidak cuma tahan karat, tahan api dan tahan jamur. Tapi juga tahan akan serangan rayap dan hewan pengerat, seperti tikus.

Tetapi kekurangan dari jenis ini adalah bobotnya yang lebih berat. Alhasil bobot bangunan dapat bertambah. Untuk mengaplikasikannya, Kamu juga perlu penopang yang kuat agar lantai bangunan tidak runtuh  ketika menggunakan material ini baja.

Demikian pembahasan seputar pengertian floordeck, karakteristik dan beragam jenisnya untuk konstruksi bangunan. Setelah membaca ulasan artikel di atas, apakah Kamu tertarik untuk menggunakannya sebagai material untuk meningkat bangunan?  Jika iya, GNET Floordeck bisa jadi pilihan tepat untuk Kamu!

Terbuat dari bahan material galvanis bermutu, menjadikan GNET Floordeck sangat kokoh, efisien dan praktis untuk Kamu aplikasikan di berbagai jenis bangunan. Tunggu apalagi? Yuk, langsung checkout produknya sekarang di Official Store Tokopedia GNET Indonesia!