KEMBALI KE ARTIKEL
25 October 2023

Mempunyai kolam renang rumah secara pribadi tentu dapat mendatangkan beragam manfaat. Salah satunya adalah menambah estetika pada hunian. Tidak hanya itu, keberadaan kolam renang juga dapat membantu Kamu untuk refreshing pikiran setelah menjalani aktivitas sehari-hari.

Menurut laman usms.org, riset dari 1200 perenang dengan rentang umur 16 - 45 tahun memberikan hasil bahwa 74 % responden mengatakan berenang dapat membantu mengurangi stres dan tensi darah. 

Buat Kamu yang ingin membangun kolam renang di rumah, GNET Indonesia akan membagikan referensinya melalui ulasan berikut ini. Yuk, simak langsung selengkapnya.

Referensi Kolam Renang Rumah

Berikut referensi kolam renang rumah yang bisa menjadi inspirasi menarik untuk Kamu:

  1. Kolam Renang Rumah Minimalis

Referensi pertama adalah kolam renang minimalis. Model ini sangat cocok buat Kamu yang mempunyai ruang terbatas pada hunian. Kamu bisa menempatkan kolam renang tersebut pada sisi bangunan. Buatlah dengan lebar 3 - 4 meter dan panjang 10 - 13 meter. Walau ukurannya tidak besar, Kamu tetap bisa menggunakan kolam renang ini dengan nyaman untuk satu sampai dua orang.

  1. Kolam Renang Rumah dengan Kanopi di Tepi

Selanjutnya ada referensi kolam renang rumah dengan kanopi di tepi. Adanya kanopi di tepi kolam dapat menjadi ruang yang nyaman untuk bersantai di akhir pekan atau setelah menghabisi waktu setelah menjalani kegiatan sehari-hari.

Kanopi tersebut bisa Kamu sesuaikan dengan luas halaman kolam renang. Jika mempunyai sisa ruang yang lebar, kamu bisa membuat kanopi dengan ukuran besar. Bahkan untuk dua - tiga orang sekaligus.

  1. Kolam Renang dengan Ruangan Semi Permanen

Ingin hadirkan suasana nyaman dan aman maksimal ketika bersantai di tepi kolam renang? Jika iya, Kamu bisa menerapkan referensi di atas. Bila referensi sebelumnya menggunakan kanopi yang mana Kamu rentan terkena hujan dan angin kencang, membangun ruang semi permanen dapat memberikan kenyamanan maksimal.

Pasalnya, ketika hujan datang Kamu dapat langsung berteduh tanpa harus khawatir terkena terpaan angin kencang. Kamu juga terhindar dari sinar matahari ketika berteduh di ruangan semi permanen tersebut. 

  1. Kolam Renang Rumah Estetik dengan Nuansa Kayu

Bosan dengan desain kolam renang rumah yang didominasi oleh material lantai ubin? Kamu bisa mengaplikasikan referensi di atas. Nuansa kayu dan rerumputan di sekitar kolam renang memberikan nuansa nyaman seperti di taman.

Terlebih jika Kamu menambahkan gazebo di tepi kolam. Kamu tentu akan semakin nyaman untuk berlama-lama menghabiskan waktu di tempat ini. Kamu bisa bersantai dan melepas penat 

  1. Kolam Renang Rumah Dalam Ruangan

Ingin hadirkan tampilan yang unik dan berbeda dari kolam renang pada umumnya? Kamu bisa mengaplikasikan kolam renang rumah di dalam ruangan, seperti pada contoh di atas. Dengan model tersebut, Kamu tidak perlu khawatir mengalami kehujanan ketika sedang berenang. Biasanya kolam renang ini menggunakan atap berbahan kaca yang tembus pandang. Alhasil ruang kolam renang ini tetap memperoleh sinar matahari yang mencukupi.

  1. Kolam Renang Rumah dengan Sisi Kaca Transparan

Wujudkan hunian yang kian estetik dengan menerapkan desain kolam renang rumah dengan sisi kaca transparan. Pada referensi di atas Kamu dapat melihat bagian dalam kolam renang secara jelas. Satu hal yang pasti, Kamu perlu menggunakan kaca dengan lapisan yang tebal supaya mampu menahan tekanan air kolam renang. Dengan begitu, Kamu tidak perlu khawatir permukaan kaca akan mengalami pecah.

Manfaat Kolam Renang Rumah

Seberapa banyak manfaat keberadaan kolam renang di lingkungan rumah? Berikut beberapa di antaranya.

  1. Sarana Hiburan

Manfaat pertama kolam renang rumah adalah sebagai sarana hiburan melepas penat dan stres. Suasana nyaman dan juga suara gemericik air yang menenangkan akan memberi suntikan energi positif pada pikiran. Kamu dapat bersantai baik pada pagi hari sambil berjemur, atau pada malam hari untuk rehat sejenak setelah menjalani aktivitas.

  1. Olahraga dan Kesehatan

Renang merupakan salah satu olahraga yang baik untuk kesehatan tubuh. Mempunyai kolam renang tentunya akan membuatmu lebih mudah untuk berolahraga sehari-hari. Olahraga renang dapat meningkatkan kondisi kardiovaskular, memperkuat otot dan menjaga berat badan tetap proporsional.

  1. Menambah Nilai Properti

Adanya kolam renang akan mendongkrak nilai properti Kamu. Pasalnya kolam renang mempunyai nilai jual dan daya tarik tersendiri bagi pembeli properti. Artinya, selain bermanfaat untuk berolahraga, kolam renang menjadi salah satu investasi untuk meningkatkan nilai properti Kamu di masa mendatang.

Penutup

Demikianlah ulasan tentang referensi kolam renang rumah untuk Kamu. Setelah melihat referensi di atas, apakah Kamu tertarik untuk membuat kolam renang di rumah? Temukan artikel tentang tips dan trik hunian atau konstruksi lainnya di website GNET Indonesia. Sampai jumpa di artikel berikutnya, sobat GNET!